Makanan Sehat Untuk Diet, Cara Ampuh Untuk Diet

3 Likes Comment
makanan sehat untuk diet

Makanan sehat untuk diet – Banyak orang mendambakan memiliki tubuh yang ideal. Bagi mereka yang memiliki berat badan lebih, biasanya mereka akan melakukan diet ketat agar tubuh ideal yang diidamkannya cepat tercapai. Sebenarnya sah-sah saja jika Anda ingin berdiet. Namun, diet bukan berarti tidak makan apapun berhari-hari supaya berat badan turun dengan cepat. Alih-alih berat badan turun, Anda justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Diet juga harus dilakukan dengan cara yang sehat agar berjalan mulus tanpa hambatan. Meskipun sedang diet, Anda masih bisa makan kok. Makanan sehat untuk diet pun ada beragam, yuk disimak apa saja menu makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya, kata “diet” itu sendiri berakar dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”. Sedangkan dari bahasa Inggris, “diet” merupakan kata serapan yang secara harfiah berarti “makanan yang biasa dimakan”. Dengan demikian, diet dapat diartikan sebagai kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Dalam artian murninya, diet berarti pola makan bergizi seimbang untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu. Beberapa orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, ada pula yang berdiet untuk memulihkan kesehatan setelah sakit, menjaga kesehatan, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Ada beberapa contoh menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi dan mungkin bisa Anda jadikan referensi selama menjalani diet.

1. Oatmeal

Oatmeal makanan sehat untuk diet

Oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal inilah yang membuat oatmeal menjadi salah satu makanan sehat yang paling sering dikonsumsi saat  diet. Beberapa kandungan yang ada dalam oatmeal antara lain protein, fosfor, magnesium, dan vitamin B1. Selain itu, oatmeal juga berfungsi sebagai penghasil energi sehingga Anda akan tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Tak hanya membantu dalam menurunkan berat badan, ternyata oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah Anda agar tetap normal. Itulah sebabnya, oatmeal selalu menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin berdiet.

2. Apel

Apel Makanan Sehat untuk Diet

Buah selalu menjadi salah satu makanan sehat untuk diet, dan buah yang sangat dianjurkan adalah apel. Buah ini memiliki kandungan zat gizi yang baik sehingga mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena satu buah apel (kira-kira 100 gram) diketahui memiliki 95 kalori, dan sebagian besar kalaori tersebut berasal dari karbohidrat yang ada di dalamnya. Namun meskipun apel adalah buah yang tinggi kalori, apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah yang umumnya berwarna merah atau hijau ini juga memiliki kandungan air yang banyak, sekitar 86 persen kandungan apel adalah air.

Serat yang terkandung dalam buah apel ini merupakan serat larut air yang ampuh membuat Anda menahan lapar lebih lama. Apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

3. Putih Telur

Putih Telur Makanan Sehat untuk Diet

Putih telur sangat cocok sebagai makanan sehat untuk diet. Karena, tidak seperti kuning telur, putih telur memiliki protein yang tinggi namun rendah lemak. Satu porsi putih telur yang besar mengandung 3,6 gram protein, sementara kuning telur hanya 2,7 gram. Meskipun perbedaannya tak seberapa, namun kandungan protein yang dimiliki antara kuning dan putih telur memiliki kualitas yang berbeda.

Baca juga: Cara Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Putih telur memiliki protein kompleks yang berkualitas tinggi. Protein kompleks ini mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan. Variasikan putih telur dengan menu makanan sehat untuk diet lainnya agar asupan nutrisi tetap terpenuhi.

4. Brokoli

Brokoli Makanan Sehat untuk Diet

Brokoli mengandung kalori yang rendah namun kaya akan vitamin, serat, dan mineral. Satu gelas penuh brokoli mengandung 30 kalori saja, sedangkan kandungan seratnya, brokoli memiliki 5 gram serat yang dapat membantu Anda untuk kenyang seharian. Tak hanya itu, brokoli juga mampu mengendalikan kadar gula darah Anda lho.

5. Ikan

Ikan Makanan Sehat untuk Diet

Ikan yang dapat membantu anda dalam berdiet adalah ikan yang memiliki kandungan lemak baik omega-3 yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kandungan lemak ini biasanya ditemukan dalam ikan perairan laut dalam seperti tuna, salmon, dan makarel.

Untuk mengonsumsi ikan ini sebaiknya tidak dengan cara digoreng. Karena, tambahan minyak justru akan menyumbang lemak yang banyak bagi tubuh Anda.

6. Camilan Rendah Kalori

camilan rendah kalori

Diet tidak melarang Anda untuk tetap ngemil. Makan camilan masih diperbolehkan kok untuk Anda yang sedang diet, karena saat ini juga banyak yang telah menjual camilan sehat sebagai makanan sehat untuk diet.

Camilan sehat yang cocok untuk diet adalah camilan yang rendah kalori dan tidak mengandung gula tinggi. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu periksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan makanan yang Anda beli. Perhatikan kandungan gula, lemak, dan kalori yang ada dalam camilan tersebut.

Sebelum memulai untuk berdiet, segera rancang daftar menu diet sehat untuk sehari-hari. Merancang menu diet sehat ini tidaklah sulit selama setiap makanan dan camilan yang Anda konsumsi sehari-hari mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak. Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini ada beberapa referensi menu makanan sehat untuk diet yang dapat Anda tetapkan sehari-hari.

Menu diet sehat pertama,

untuk sarapan Anda bisa mengonsumsi teh ataupun kopi dengan gula dan tanpa susu, serta dua lembar roti gandum utuh dengan mentega. Untuk menu makan siang Anda bisa mengonsumsi dada ayam yang dipanggang dengan baluran mentega, disertai dengan sayuran rebus seperti wortel, brokoli, jagung, dengan tambahan kentang tumbuk dan segelas air putih. Makan malamnya bisa steak daging tanpa lemak, kentang tumbuk dan segelas air putih. Sedangkan camilannya adalah apel.

Menu diet sehat kedua,

untuk memulai hari, anda bisa terlebih dahulu sarapan dengan mengonsumsi secangkir yogurt plain atau tawar yang dicampur dengan madu, padankan dengan satu buah pisang dan setelah itu minumlah segelas air putih. Lalu di siang hari, anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti salad sayur yang bisa dicampur dengan macaroni dan diberi minyak zaitun agar lebih sehat, untuk minumannya masih tetap menggunakan air putih. Dilanjut pada makan malam, pada malam hari makanan sedikit lebih berat yakni daging dada ayam yang direbus namun tanpa kulit, ditambah setup brokoli dan juga kacang merah, minumnya masih menggunakan air putih, untuk camilannya, anda bisa mengonsumsi Granola bar.

Menu diet sehat ketiga,

untuk opsi menu sehat yang ketiga ini, anda bisa memulai hari dengan sarapan telur rebus yang bisa ditambah dengan keju, setelah itu, pada siang hari anda bisa makan siang menggunakan nasi merah dan pepes ikan juga dipadankan dengan tahu atau tempe rebus, dilanjutkan pada malam hari, anda bisa menyantap salad sayuran yang ditambah dengan perasan jeruk lemon bisa ditambah juga dengan potongan dada ayam rebus tanpa kulit, dan pada hari itu minumnya hanya dengan air putih saja. Sedangkan untuk camilannya, anda bisa meminum jus buah tanpa tambahan gula.

You might like

About the Author: Yanti